Kolak Biji Salak

Video resep cara membuat Kolak biji salak. Minuman ini memang sangat akrab dengan suasanan bulan ramadhan. Dimana-mana kita dapat jumpai para penjual tajil sedang memajangnya. Bukti bahwa minuman yang satu ini memang banya digemari, khususnya oleh penduduk yang berdomisili dijakarta. Bagaimanakah cara membuatnya…, anda bisa belajar langsung hanya dengan menonton video tutorialnya dibawah ini. Selamat mencoba…!!

Video Bahan Utama

Video Cara Membuat Adonan

Video Cara Membentuk Adonan


Video Cara Merebus Adonan

Video Cara Membuat Kuah Santan

Video saran penyajian

 

 

Kolak Biji Salak

Bahan Utama:
600 gram ubi jalar kuning yang sudah dikukus dan dikupas lalu dihaluskan;
100 gram tepung sagu;
1 sendok teh garam;
½ sendok the vanili bubuk; dan
1 liter air.

Bahan Kuah:
100 gram gula merah sisir;
100 gram gula pasir;
1500 ml air;
2 lembar daun pandan ikat;
½ sendok teh garam;
2 sendok makan maizena yang dilarutkan 5 sendok makan air; dan
3 cm kayu manis.

Bahan Pelengkap:
200 ml santan kental yang sudah direbus; dan
150 gram agar-agar matang yang sudah dipotong kotak.

Bahan Hiasan;
Daun pandan.

Cara Membuat Kolak Biji Salak:
Masukkan ubi jalar yang sudah dihaluskan kedalam wadah, lalu tepung sagu, vanilli, dan garam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Apabila sudah tercampur rata dan adonan sudah kalis, sisihkan pada wadah.

Cara Membentuk Biji Salak:
Ambil 1 sendok teh adonan. Lalu bulatkan satu persatu menggunakan tangan hingga membentuk bola, kemudian sisihkan pada wadah.

Cara Merebus Adonan:
Nyalakan api, kemudian tuang 1 liter air pada panci, lalu tutup panci. Biarkan hingga mendidih. Jika sudah mendidih, buka tutup panci, kemudian kecilkan api, lalu masukkan adonan ubi yang sudah dibentuk bola satu persatu. Masak hingga adonan ubi matang dengan api besar sambil sesekali diaduk. Apabila sudah mendidih aduk agar adonan ubi matang merata, kemudian rebus kembali adonan ubi selama 5 menit hingga matang. Setelah 5 menit adonan ubi sudah mengembang menandakan sudah matang, angkat adonan ubi dengan mengunakan alat penyaring, lalu sisihkan pada wadah.

Cara Membuat Kuah Biji Salak:
Siapkan kembali panci. Lalu tuang 1500 ml air, gula pasir, gula merah iris, kayu manis, garam, dan 2 lembar daun pandan ikat. Aduk hingga gula larut dan masak hingga mendidih. Jika sudah mendidih, kecilkan api, masukkan larutan tepung maizena, sambil diaduk hingga mengental dan mendidih kembali. Jika sudah mendidih, matikan api, dan siapkan gelas sajinya.

Saran Penyajian:
Masukkan biji salak ke dalam gelas saji. Lalu masukkan agar-agarnya, kemudian siram dengan kuah gula dan santan kental. Lalu hiasi dengan daun pandan diatasnya. Sajikan Kolak Biji Salak selagi hangat.

Ingin tahu Daily Activities VideoResep?
Facebook: Mahatala VideoResep (http://www.facebook.com/VideoResep?ref=tn_tnmn)
Twitter: @videoresep
Pinterest: VideoResep